Dinkes Bontang gelar monitering dan evaluasi (Monev) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Kamis (18/7) di Ruang Rapat PSC 119 Bontang (aset: katakaltim)

Ibu Hamil Wajib Tau, Puskesmas di Bontang Kini Sediakan Layanan Pemeriksaan USG

Penulis : Caca
18 July 2024
Font +
Font -

Bontang -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bontang gelar monitering dan evaluasi (Monev) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Kamis (18/7) di Ruang Rapat PSC 119 Bontang.

Agenda tersebut juga menghadirkan pihak Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang merupakan layanan kesehatan dasar yang meliputi puskesmas, klinik pratama, praktik dokter umum.

Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan (SDK), Ahmad Hamid Nurudin (dok: katakaltim)

Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan (SDK), Ahmad Hamid Nurudin (dok: katakaltim)

Kepala Dinkes Bahtiar Mabe, melalui Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan (SDK), Ahmad Hamid Nurudin mengungkapkan Monev yang dilakukan tersebut sekaitan dengan pelayanan ultrasonografi (USG) di Puskesmas yang ada di Bontang

Baca Juga: Ilustrasi kanker serviks (dok: pinterest)Sebanyak 15 Ribu Perempuan Terkena Kanker Serviks Tiap Tahunnya di Indonesia, Dinkes Bontang: Malu Periksa Jadi Salah Satu Faktor

"Jadi sekarang itu di seluruh puskesmas di Kota Bontang sudah ada pelayanan USG Antenatal Care (ANC) dan icloud USG untuk pemeriksaan kehamilan," kata dia.


Dia menuturkan, saat ini masyarakat yang melakukan pemeriksaan kehamilan di Puskesmas telah mendapatkan pemeriksaan tambahan berupa USG.

"Dan itu ditanggung BPJS sehingga tidak perlu lagi menambah biaya," jelasnya.

Untuk pemeriksaan USG tersebut, kata Hamid, setiap satu siklus kehamilan berhak mendapatkan 2 kali pemeriksaan di ANC 1 dimulai usia 1 hingga 11 minggu kehamilan. Sementara pemeriksaan USG kedua dapat dilakukan di ANC 5 atau minggu ke 25 hingga 40 kehamilan.

Dia menambahkan, layanan ini telah diberlakukan sejak awal tahun 2024. Dia berharap hadirnya layanan ini menambah semangat bagi para ibu hamil untuk memeriksa dan menjaga kesehatan diri dan kandungannya. (*)

Font +
Font -