WCD Bontang saat melakukan kegiatan pungut sampah dan edukasi sampah kepada masyafakat di wisata mangrove Berbas Pantai. Aset : katakaltim

Dalam Rangka Hari Kemerdekaan Ke-79, Ratusan pemuda dan Masyarakat Bontang Lakukan Aksi Pungut Sampah

24 August 2024
Font +
Font -

BONTANG - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 Tahun. World Cleanup Day (WCD) Kota Bontang melaksanakan kegiatan Gerakan Pungut Sampah dan Edukasi Sampah kepada masyarakat di objek Wisata Mangrove Berbas Pantai, Sabtu, (24/8/2024) pagi.

Kegiatan tersebut melibatkan berbagai elemen masyarakat, mulai dari pelajar, organisasi kepemudaan, RT, serta masyarakat sekitar dengan jumlah peserta sekitar 100 orang.

Ketua WCD Kota Bontang Muhammad Hajarul Azwad mengatakan kegiatan tersebut rutin dilakukan tiap tahun dalam rangka Word Cleanup Day yang dilaksanakan pada bulan September atau ketika hari-hari besar seperti hari Lingkungan Hidup Sedunia atau hari Kemerdekaan.

"Kegiatan seperti ini rutin kami lakukan pada saat memperingati hari-hari besar seperti hari Lingkungan Hidup Sedunia," terangnya.


Azwad juga berharap kepada Pemerintah Kota Bontang agar dapat mendukung kegiatan seperti ini sebagai upaya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan Indonesia bebas sampah.

"Saya selaku leader WCD Kota Bontang berharap kegiatan bersih-bersih seperti ini selalu mendapatkan support dari pemerintah dan juga instansi terkait supaya bersama-sama mewujudkan Indonesia merdeka dari masalah sampah yang ada di sekitar kita," harapnya.

Seperti diketahui, World Cleanup Day (WCD) adalah aksi sosial global tahunan yang mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk membersihkan dan menjaga kebersihan bumi.

Tujuannya adalah untuk mengurangi masalah limbah padat dan sampah laut, serta meningkatkan kesadaran akan krisis sampah yang salah kelola.

Font +
Font -