Independen Muda (aset: Ali/katakaltim)

5 Program Kepemudaan Siap Digaungkan dan Dilaksanakan Independen Muda

Penulis : Ali
 | Editor : Redaksi
29 August 2024
Font +
Font -

BONTANG — Sejumlah pemuda Kota Bontang yang tergabung dalam Independen Muda membentuk basis mendukung Paslon Basri-Dhihin dalam Pilkada 2024.

Dewan penasehat Independen Muda, Fadhil KJ, mengatakan poros ini diharap bisa menjadi kekuatan utama memenangkan Basri-Dhihin utamanya di kalangan pemuda.

"Saya posisikan secara pribadi, Independen Muda ini mudah-mudahan bisa menjadi induk gerbong pemuda se-Bontang untuk kemenangan Basri-Dhihin," ucapnya, Rabu (28/8) kemarin.

Baca Juga: Kasih foto ini kak. Wali Kota Bontang Basri Rase, Wakil Wali Kota Najirah dan Direktur RSUD Taman Huda Suhardi (Dok.katakaltim)Kemoterapi dan MRI RSUD Diresmikan, Direktur: Layanan RSUD Tak Hanya Wilayah Bontang 

Sementara Ketua Independen Muda, Muhammad Ikhsan Ramadhan, membeberkan alasan mendukung pasangan Basri-Dhihin. Dia menilai keduanya tidak dibentuk dari proses instan, dan dianggap mampu memahami permasalahan masyarakat.


"Pak Basri adalah orang yang berjuang dari bawah, sama dengan pak Chusnul Dhihin, mereka berdua adalah orang yang berproses, bukan yang diberikan hasil," ucapnya.

Poros Independen Muda berkomitmen membawa aspirasi pemuda, agar pemuda menjadi salah satu isu utama pembangunan daerah, sesuai visi Basri-Dhihin, meningkatkan kualitas SDM Kota Bontang.

"Seperti yang dibilang pak Basri waktu konferensi pers pasca pendaftaran, SDM adalah yang paling penting, jadi kami juga akan fokus ke SDM, pendidikan formal ataupun non formal," ucapnya.

Adapun beberapa program yang digaungkan dan akan dikawal Independen Muda jika Basri-Dhihin terpilih jadi kepala daerah antara lain:

1. Akademi 16:30, program yang diinisiasi berdasarkan Undang-undang pemuda ini akan fokus pada pengembangan skil pemuda dalam aspek non akademik, seperti olahraga, seni, ekonomi kreatif.

2. Cerdas Mengabdi, adalah program yang lebih menjurus ke rana akademik, seperti les-les yang menunjang pelajaran di sekolah, yang juga dilakukan diluar jam sekolah. Program tersebut akan diperuntukkan untuk siswa SD hingga SMA.

3. Projek Seratus Sarjana, merupakan program yang memfasilitasi orang-orang yang ingin kuliah.

4. Pemberdayaan Perempuan, mengembangkan kompetensi perempuan (akan di sampaikan lebih lanjut ketika telah deklarasi).

5. Pengembangan Konten Kreator, program ini akan melakukan pelatihan-pelatihan terkait digitalisasi, mengorientasikan pemuda berkarya sekaligus mendapat penghasilan dalam bidang digital.

Kelima program tersebut akan dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Diketahui, Independen Muda akan deklarasi setelah Penetapan Calon Tetap. (*)

Font +
Font -