Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, Ririn Sari Dewi

Antusias..!! Persiapan Matang Pemprov Kaltim Sambut Upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN

Penulis : Caca
4 March 2024
Font +
Font -

Katakaltim -- Otorita IKN beserta Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus melakukan persiapan yang matang menyambut penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim ditunjuk sebagai leading terkait ketersediaan akomodasi hingga mobilitas tamu yang akan menyaksikan Upacara HUT Kemerdekaan RI tersebut.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Ririn Sari Dewi, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, berdasarkan hasil rapat bersama Otorita IKN di Jakarta.

"Hasil rapat beberapa waktu lalu (12/2) dijakarta telah disepakati bahwa Dispar akan membantu dalam hal penanganan akomodasi dan mobilitas ribuan orang yang akan menghadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN," kata Ririn, Senin (4/3).

Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memastikan kelancaran acara tersebut.

Upacara HUT Kemerdekaan RI (foto: Disparkaltim)

Upacara HUT Kemerdekaan RI (foto: Disparkaltim)

Ia juga mengatakan, pihaknya akan memastikan kekuatan yang dimiliki oleh pelaku industri akomodasi dan transportasi di Kota Balikpapan dan Samarinda.

"Pembicaraan hari ini untuk memastikan ketersediaan pangan beserta penyediannya. Hal ini penting karena akan memenuhi kebutuhan ribuan orang yang menghadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN," ujarnya.

Rencananya, rapat persiapan akan kembali digelar pada Rabu (13/3) mendatang. Rapat tersebut nantinya akan dipimpin langsung oleh perwakilan Kementerian Sekretariat Negara, OIKN, Sekretaris Daerah, serta beberapa Perangkat Daerah Provinsi Kaltim yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan 17 Agustus mendatang.

Ririn menyebut, dengan adanya persiapan yang matang dan melibatkan berbagai pihak terkait, diharapkan Upacara HUT Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara dapat berjalan dengan lancar dan meriah.

Agenda tersebut juga, kata Ririn, menjadi kesempatan untuk mempromosikan potensi pariwisata Provinsi Kaltim kepada tamu-tamu yang hadir, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut. (*)

Font +
Font -