Calon Wakil Presiden Nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Foto: youtube/KPU RI)

Cak Imin Singgung 500 Ribu Hektare Tanah Milik Prabowo Saat Beberkan Patani Lokal Tak Punya Lahan

Penulis : Agu
21 January 2024
Font +
Font -

JAKARTA -- Dalam sesi debat kedua, Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sempat menyinggung tentang kepemilikan lahan petani. Menurutnya, petani lokal tak punya lahan, yang minim untuk bercocok tanam.

Cak Imin kemudian merujuk pada data BPS, petani Indonesia selama sepuluh tahun terakhir hanya memiliki tanah setengah hektar.

“Sepuluh terakhir ini telah terjadi jumlah petani rumah tangga gurem berjumlah hampir 3 juta, ini artinya 16 juta rumah tangga petani hanya memiliki tanah setengah hektare,” ujar Cak Imin, dalam debat keempat Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, yang digelar pada Ahad, 21 Januari 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Baca Juga: Anies Baswedan dan Muhaimin IskandarStrategi Kampanye Terakhir Anies Diungkap Timnas AMIN

Melanjutkan pandangannya soal lahan petani, Cak Imin kemudian menyinggung Calon Presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, tentang pernyataan kepemilikan lahannya dalam debat Capres tempo hari.

Baca Juga: Bertemakan pertahanan, Prabowo Subianto blak-blakan tak senang dengan kualitas debat capres ketiga (Foto: Live streaming KPU RI)Bertemakan Pertahanan, Prabowo Subianto Blak-Blakan Tak Senang dengan Kualitas Debat Capres Ketiga

“Sementara, ada seseorang yang memiliki tanah 500 ribu hektare sebagai kekuasaan yang diberikan negara kepadanya,” Cak Imin melanjutkan.

Dalam sesi debat Capres sebelumnya, Capres nomor urut 1, Anies Baswedan menyinggung lahan yang dimiliki Prabowo dengan luas 340.000 hektare.

Dalam keterangan Prabowo saat konsolidasi relawan di Pekanbaru, ia menyebut jika data tersebut salah. Menurut Prabowo, jumlah total lahan yang ia miliki dalam bentuk Hak Guna Usaha (HGU) mendekati 500.000 hektare.

“Sebelum menjadi menteri saya pengusaha, saya menguasai lahan hak guna usaha. Kemarin juga salah-salah melulu itu bukan 340.000 hektare bukan, mendekati 500.000 hektare," tutur Prabowo, di Gelanggang Remaja, Pekanbaru, Selasa, 9 Januari 2024, dipantau katakaltim melalui YouTube.

Prabowo lalu menegaskan jika tanahnya sudah diserahkan kepada negara dan digunakan untuk proyek food estate.

“Pak Jokowi ada. Saya di Istana 2,5 tahun lalu saya sudah serahkan tanah itu kepada negara.” tegas Prabowo.

Debat Capres kali ini merupakan babak kedua dari serangkaian debat Cawapres dan merupakan debat keempat dari total lima debat yang telah dijadwalkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelum menjelang pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada tanggal 14 Februari mendatang.

Fokus tema debat kali ini mencakup isu pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Para peserta debat malam ini adalah ketiga calon Wakil Presiden, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. Debat malam ini dihadiri ketiga bakal Cawapres, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka serta Mahfud MD. (*)

Font +
Font -