Ilustrasi sarapan. (ist)

CATAT !!! Tiga Kesalahan Sarapan yang Bikin Gula Darah Naik

Penulis : Chaliq Pratama
14 January 2024
Font +
Font -

KATA SEHAT - Sarapan kerap disebut sebagai waktu makan yang paling penting dalam sehari. Salah satu alasannya adalah karena sarapan memberikan kita energi yang dibutuhkan untuk memulai aktivitas.

Karenanya, sarapan tidak boleh dilakukan asal-asalan, apalagi oleh mereka yang mengidap atau memiliki risiko gula darah tinggi. Pasalnya, ada sejumlah kesalahan sarapan yang bisa membuat kadar gula darah meroket di pagi hari.

1. Porsi Kalori Terlalu Banyak
Sarapan memang memberikan energi untuk tubuh, tapi bukan berarti kita harus mengonsumsi banyak makanan agar bisa mendapatkan energi.

Baca Juga: Cek Kesehatan !!! Ini Enam Ciri Kanker Pankreas yang Sulit Dikenali

Makanan mengandung kalori yang akan diproses oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Namun, jika jumlahnya terlalu banyak, kelebihan kalori akan disimpan dalam bentuk lemak visceral. Hal ini rentan membuat seseorang mengalami kenaikan berat badan atau obesitas, berpotensi menyebabkan resistensi insulin. Akibatnya, tubuh tidak bisa memproses kadar gula dalam darah secara efisien sehingga memicu kenaikan gula darah.

2. 'Skip' Sarapan
Selain terlalu banyak makan saat sarapan, orang yang suka melewatkan atau skip sarapan juga berisiko mengalami kenaikan gula darah loh. Sarapan yang bergizi dan seimbang dapat menunjang kinerja sistem metabolisme tubuh dan membantu mengendalikan kadar gula darah.

Jika seseorang melewatkan sarapan, maka dia cenderung mengonsumsi terlalu banyak makanan saat jam makan siang. Jika sering dilakukan, hal ini dapat memengaruhi sensitivitas insulin sehingga menyebabkan kenaikan gula darah.

3. Tidak Mengonsumsi Serat
Tidak mengonsumsi makanan berserat saat sarapan merupakan kesalahan yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Serat merupakan salah satu jenis karbohidrat yang dapat memperlambat proses pencernaan makanan di perut. Hal ini membuat glukosa dari makanan lebih lama diserap oleh tubuh, sehingga berkontribusi dalam menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, makanan berserat bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi risiko overeating saat makan siang. (*)

Font +
Font -