Dampak AI, Google phk ratusan karyawan di dunia (Foto: Ist)

Dampak AI, Google PHK Ratusan Karyawan di Dunia

Penulis : Caca
12 January 2024
Font +
Font -

KATAKALTIM.COM - Google melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan karyawannya di dunia yang mengisi beberapa divisi seperti Google Assistant, Devices dan Services.

PHK ini berdampak pada divisi perangkat keras yaitu di unit Nest, Pixel, dan Fitbit Google, dan tim augmented reality Google. Bahkan, tim teknik inti Google juga terkena PHK.

Google sedang berupaya mencari peran lain untuk beberapa karyawan yang terkena dampak PHK di tengah restrukturisasi perusahaan.

Baca Juga: Raja rock and roll tersohor di dunia bangkit kembali dari kematian akibat AI, Elvis Presley (Foto: ig/elvis)Teknologi AI Bangkitkan Tokoh Dunia, Mulai Elvis Presley Hingga Presiden Republik Indonesia

"Kami berinvestasi secara bertanggung jawab pada prioritas terbesar perusahaan kami dan peluang signifikan di masa depan,” kata juru bicara Google dalam sebuah pernyataan dikutip dari CNN, Jumat (12/1/2024),

Google memutuskan untuk melakukan PHK ini lantaran didorong adanya perubahan fokus perusahan ke teknologi kecerdasan buatan (AI). Perubahan ini semakin mencerminkan bagaimana AI telah menggantikan pekerjaan di industri yang menciptakannya.

Sebagai informasi, selain Google, perusahaan pembelajaran bahasa, Duolingo juga melakukan PHK karyawan lantaran ingin mengoptimalkan penggunaan AI. Duolingo melakukan PHK sebesar 10 persen terhadap karyawan kontraknya. (*)

Font +
Font -