Buaya bernama Riska yang sedang viral di media sosial (Foto: ist)

Dampak Ramai Penggemar, Donatur Bangun Kandang untuk Buaya Riska

Penulis : Caca
14 January 2024
Font +
Font -

BONTANG - Buaya Riska yang belakangan ini ramai dibicarakan warga Kalimantan Timur (Kaltim) juga viral di media sosial, telah memiliki kandang yang berada di Jalan Bete-Bete 1 Kelurahan Tanjung Laut Indah dan akan diresmikan akhir Januari 2024 ini.

Rencananya peresmian akan dilakukan oleh Istri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yaitu Tri Suswati. Dari informasi yang diterima Klik Kaltim, kandang berukuran 20x24 meter itu telah dirampungkan hari ini Minggu (14/1/2024).

Ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Kota Bontang Eko Satrya mengatakan, hari ini untuk finishing ialah pembangunan pintu buaya Riska.

Wilayah yang dipilih juga sangat strategis untuk habitat buaya. Karena merupakan kawasan pasang surut dan ideal untuk predator andalan Kota Bontang.

"Hari ini selesai pembangunannya. Sesuai target dikerjakan hanya 1 bulan. Akhir bulan rencana diresmikan Isteri Mendagri. Kita lihat nanti jadwalnya," ucap Eko Satrya, dilansir Klik Bontang.

Baca Juga: Adminkes Ahli Muda Ditjen Yankes Kemenkes RI dr Amsul Amri (Dok: katakaltim)Ada yang Baru Untuk Peningkatakan Layanan Kesehatan Warga Kota Bontang

Lebih lanjut, untuk membangun kandang baru itu, Kata Eko diperlukan biaya yang tidak terlalu besar. Anggaran sementara didapatkan dari donatur penggemar buaya Riska.

Bahkan Youtuber Ambo juga sangat berperan dalam membangun kandang baru buaya yang sudah dekat dengan dirinya puluhan tahun itu.

"Kalau biaya kami tidak khawatir. Kita dapat supportlah dengan menggalang dana. Inshaallah ini akan jadi destinasi wisata baru," ucapnya.

Diketahui saat ini Buaya Riska berada di Tabang Zoo Kutai Kartanegara. Pengembalian buaya ini pun juga sudah mendapat restu dari Pemkot Bontang, Pemprov Kaltim dan BKSDA Kaltim.

Setelah semua pengerjaan kandang selesai. Masata Bontang akan kembali berkoordinasi dengan BKSDA terkait pemulangan Buaya Riska.

"Aman semuanya dapat restu. Semoga sesuai target lah yah. Mohon doanya," pungkasnya. (*)

Font +
Font -