Pertemuan internal partai NasDem di Kota Balikpapan (dok: katakaltim)

Dorong Bacalon di 8 Wilayah, Ketua DPW NasDem Kaltim Tegaskan Kader Harus Realistis

Penulis : Agu
27 April 2024
Font +
Font -

Kaltim — Ketua DPW NasDem Kaltim, Muchtar Luthfi A Mutty lakukan pertemuan dengan sejumlah kader partai NasDem pada Jumat 26 April 2024 di Kota Balikpapan.

Undangan ini terutama ditujukan kepada bakal calon (bacalon) pimpinan daerah yang nanti akan bertarung dalam kontestasi Pilkada November mendatang.

Tujuannya kata Luthfi untuk mencegah persaingan internal yang merugikan partai serta memastikan kader-kader partai punya kesempatan yang adil untuk bersaing secara sehat.

Baca Juga: Penyalahgunaan narkoba (foto: polreskukar)Bawa 6 Bungkus Narkoba, Pria Ini Diringkus Kepolisian Kukar

“Kader kita yang ingin maju ini kan lebih dari satu orang di beberapa daerah, supaya jangan saling menjegal yaa kita memberi kesempatan ke mereka semua,” katanya saat ditemui, Sabtu 27 April 2024.

Ia menekankan pentingnya partisipasi kader NasDem dalam kepemimpinan daerah, mengingat belum ada satu pun kader partai besutan Surya Paloh itu yang menjabat sebagai kepala daerah di Bumi Etam.

“Di Kaltim ini kan tidak ada kader NasDem yang jadi kepala daerah, baik 01 maupun 02. Saya maunya ini tidak terulang di Pilkada nanti. Nah ini menjadi dorongan bagi partai untuk lebih aktif mendukung kader potensial agar bisa maju (dalam Pilkada),” tegasnya.

Luthfi lebih jauh menyebut seleksi calon akan melibatkan survei yang dilakukan lembaga survei kredibel yang terakreditasi. “Hasil survei akan menjadi salah satu kriteria utama penentuan rekomendasi calon yang akan mendapatkan dukungan partai,” katanya.

“Selain popularitas, akseptabilitas, juga kemampuan memobilisasi dan dukungan logistik. Faktor logistik ini juga jadi pertimbangan penting dalam proses seleksi calon nanti,” tambahnya.

Dengan membuka kesempatan bagi kader partai maupun masyarakat umum, Luthfi menegaskan NasDem Kaltim bakal melahirkan calon pemimpin berkualitas dan mampu memajukan daerah.

“Undangan ini juga menjadi bentuk komitmen partai dalam menciptakan kompetisi yang sehat dan transparan dalam Pilkada 2024,” ucapnya lagi.

Luthfi lebih lanjut mengemukakan wilayah yang berpotensi untuk kader NasDem maju jadi 01 maupun 02. Dari 10 wilayah, kata dia, ada 8 wilayah yang berpotensial mengirimkan calon kepala daerah.

Antara lain kata Luthfi, Samarinda, Balikpapan, Kutai Timur, Bontang, Berau, Penajam Paser Utara, Paser, dan Kutai Kartanegara.

“Dari 10 ini ada 8 yang potensial. Dari 8 daerah ini ada 2 yang rencana maju di 01, itu di PPU dan Berau, yang lain itu 02. Artinya kita juga realistis. Jangan memaksakan 01 kalau memang hanya mampu di 02, harus realistis,” pintanya.

“Kita tak akan bertarung stengah-stengah, semua kita targetkan menang. Makanya saya minta teman-teman ini semua mulai sekarang bergerak,” tegas dia.

Lebih jauh lagi, Lutfhi menyebut kader NasDem di tiap daerah telah membangun komunikasi intens dengan figur partai lain, khususnya Balikpapan, Kutai Timur dan Berau yang perolehan kursinya sudah cukup untuk mengusung.

“Ini Ketua DPD (Balikpapan) sudah membangun komunikasi dengan PKS. Saya persilakan teman-teman ketua DPD membangun komunikasi dengan semua partai, karena salah satu substansi politik itu kan komunikasi. Dalam politik tidak ada musuh abadi. Tidak ada kawan abadi, yang abadi itu adalah kepentingan,” ucapnya.

“Di Kutim juga sudah membangun komunikasi dengan PKS dan Demokrat. Berau ini sudah bangun komunikasi dengan PKB. Balikpapan dengan PKS, masing-masing itu kursinya juga sudah cukup,” pungkasnya. (*)

Font +
Font -