Erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara (dok: ist)

Gunung Ruang di Sulawesi Utara Erupsi, PVMBG: Ada Potensi Tsunami, Warga Diimbau Mengungsi!!

Penulis : Cca
18 April 2024
Font +
Font -

Katakaltim -- Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara kembali erupsi pada Rabu malam (17/4) sekitar pukul 20.15 Wita.

Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Sulawesi dan Maluku, Juliana Doris Jane Rumambi mengatakan warga diminta mengungsi guna menghindari dampak lanjutan.

"Mohon segera mengungsi ke pantai timur untuk menghindari terjadinya tsunami dan lontaran batu pijar di wilayah pantai barat," ucap Doris melalui pesan singkat, Rabu (17/4).

Berdasarkan catatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung Ruang kembali erupsi pada pukul 20.15 Wita

Kolom abu yang keluar lebih tinggi dari erupsi sebelumnya. "Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 3.000 meter di atas puncak. Erupsi Terekam di sesimograf dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi 0 detik," mengutip akun Twitter @PVMBG.

Sempat pula erupsi sekitar pukul 18.00 Wita. Tinggi kolom abu kurang lebih 2.500 meter di atas puncak.

Sejak Selasa (16/4), Status Gunung Ruang sudah ditingkatkan dari level II waspada ke level III Siaga. Terhitung sejak pukul 16.00 Wita, Selasa (16/4).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) lalu melaporkan sebanyak 828 warga dievakuasi imbas erupsi Gunung Ruang pada Selasa (16/4) malam. (*)

Font +
Font -