Ilustrasi Tahun Baru 2024 (freepik)

Happy New Year !!! Ini Negara Pertama dan Terakhir yang Rayakan Tahun Baru 2024

Penulis : Chaliq Pratama
31 December 2023
Font +
Font -

KATAKALTIM - Perayaan Tahun Baru 2024 tinggal menghitung waktu. Tak lama lagi, masyarakat dunia akan merayakan pergantian tahun.

Untuk wilayah Indonesia, Tahun Baru 2024 pertama kali dirayakan masyarakat Indonesia Timur. Seperti Papua, Maluku, NTT, dan NTB.

Sejam kemudian, masyarakat Indonesia Tengah yang merayakan Tahun Baru 2024. Setelah itu barulah masyarakat Indonesia Barat.

Baca Juga: Resmi Dibuka..!! Berikut Syarat dan Cara Daftar SPAN PTKIN 2024

Perbedaan waktu perayaan Tahun Baru 2024 di Indonesia karena selisih waktu. Antara Timur dengan tengah selisih satu jam. Sementara Timur dengan Barat selisih dua jam.

Baca Juga: Kue khas perayaan Imlek (foto:ist)Imlek Sebentar Lagi, Pastikan Jenis Makanan Keberuntungan Ini Ada di Rumahmu...!!

Lalu, Negara mana yang pertama kali yang merayakan Tahun Baru 2024 ? Kemudian negara apa yang terakhir merayakan Tahun Baru 2024 ? Simak ulasannya.

Perayaan Tahun Baru 2024 di setiap negara di dunia akan dirayakan pada waktu yang berbeda-beda.

Negara yang pertama akan merayakan tahun baru yakni Pulau Kiritimati. Dan yang terakhir merayakan tahun baru 2024 yakni Samoa Amerika.

Berdasarkan kekhasan garis tanggal internasional, menurut situs National Geographic, daratan pertama yang akan merayakan tahun baru adalah Pulau Kiritimati dan deretan 10 atol (pulau kecil) lain yang sebagian besar tak berpenghuni di tengah Samudra Pasifik.

Kiritimati sendiri terletak hampir tepat di selatan Hawaii dalam garis bujur yang sama. Karena letaknya itu, salah satu dari 33 pulau yang membentuk Republik Kiribati ini mengalami pergantian tahun baru lebih awal sehari sebelumnya dibandingkan pulau-pulau lainnya.

Dilansir situs Time and Date, Pulau Kiritimati atau Pulau Natal (Christmas Island) akan merayakan tahun baru 2024 pertama kali.

Apabila dihitung menurut zona waktu Internasional UTC+7 atau GMT+7, maka Pulau Kiritimati akan merayakan Tahun Baru 2024 pada hari Minggu 31 Desember 2023 pukul 17.00.

Sementara itu, masih berdasarkan kekhasan garis tanggal internasional menurut situs National Geographic, tempat terakhir yang akan merayakan tahun baru adalah Samoa Amerika, yang terletak di barat daya Pulau Kiribati di Pasifik Selatan.

Samoa Amerika merupakan wilayah Kepulauan Terpencil Amerika Serikat. Selain Samoa Amerika, juga ada Pulau Niue yang akan merayakan tahun baru terakhir. Beberapa pulau lain yang termasuk di antaranya yaitu Pulau Baker dan Pulau Howland.

Menurut situs Time and Date, Samoa Amerika akan merayakan tahun baru 2024 terakhir kali. Apabila dihitung menurut zona waktu internasional UTC+7 atau GMT+7, maka Samoa Amerika akan merayakan tahun baru 2024 pada hari Senin, 1 Januari 2024 pukul 18.00.

Sementara untuk Pulau Baker dan Pulau Howland, menurut situs Time and Date, berdasarkan zona waktu internasional UTC+7 atau GMT+7, maka pulau-pulau tersebut akan merayakan tahun baru 2024 pada hari Senin, 1 Januari 2024 pukul 19.00. (*)

Font +
Font -