Ilustrasi orang-orang pintar di Indonesia

Ini 3 Wilayah Kaltim yang Hasilkan Orang-orang Pintar

Penulis : Caca
10 January 2024
Font +
Font -

Kaltim - Pada tahun 2020 Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dengan luas 127.346,92 km persegi dihuni oleh 3,77 juta jiwa.

Terdapat 3 wilayah di Kaltim, seperti dilansir dari okezone, yang membanggakan Nusantara dengan mencetak orang-orang pintar.

Dari sekian banyak masyarakat yang menghuni Provinsi Kaltim, pada 2022 lalu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di wilayah ini mengalami signifikansi peningkatan.

Baca Juga: Bawaslu Balikpapan tangani kasus dugaan pelanggaran politik uang (foto: ist)Bawaslu Balikpapan Tangani Dugaan Kasus Pelanggaran Money Politics

Dari acuan data IPM tahun 2022 di Provinsi Kaltim, berikut ini 3 daerah penghasil orang-orang cerdas di Kaltim:

Baca Juga: Lokasi penemuan mayat di jurang depan hotel grand mutiara oaktrea (Foto: pusaranmedia)Gempar !! Warga Bontang Temukan Mayat di Jurang, Korban Diduga Habis Baku Hantam

1. Kota Samarinda

Sebagai Ibu Kota Provinsi Kaltim, ketimbang wilayah-wilayah lain, tentunya memiliki perkembangan lebih maju karena menjadi pusat pemerintahan, ekonomi, gaya hidup, serta pendidikan.

Kota ini memiliki berbagai institusi pendidikan tinggi seperti Universitas Mulawarman yang menghasilkan banyak lulusan cerdas dalam berbagai bidang.

Berdasarkan data IPM tahun 2022 BPS Provinsi Kalimantan Timur, Kota Samarinda tercatat mencapai IPM sejumlah 81,43.

Jumlah tersebut naik cukup signifikan dari tahun 2021 yakni sebesar 80,76.

2. Kota Balikpapan

Daerah selanjutnya di Kltim yang menghasilkan orang pintar adalah Kota Balikpapan.

Kota ini merupakan salah satu pusat industri, bisnis, serta perekonomian di Kalimantan.

Tak hanya itu, Balikpapan juga memiliki berbagai institusi pendidikan yang berkualitas.

Salah satunya adalah Institut Teknologi Kalimantan yang menawarkan berbagai program studi dan menghasilkan lulusan-lulusan cerdas.

Berdasarkan IPM 2022, Kota Balikpapan menghasilkan capaian sebanyak 81,13. Sedangkan di tahun sebelumnya hanya sebesar 80,71.

3. Kota Bontang

Kota di Kaltim yang terkenal dengan industri gas alam adalah Kota Bontang.

Karena adanya kompleks perusahaan energi besar, seperti PT Badak NGL, banyak tenaga kerja terampil dan profesional yang berasal dari Bontang.

BPS Provinsi Kalimatan Timur mencatat Kota Bontang memiliki capaian IPM sebesar 80,94 per tahun 2022 dan 80,59 di tahun sebelumnya.

Demikian 3 daerah penghasil orang pintar di Kaltim. (*)

Font +
Font -