Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Bontang, Safa Muha berkomentar soal pengangguran di Kota Taman (dok: Katakaltim)

Kadisnaker Bontang Soroti Angka Pengangguran dan Tenaga Kerja Diminta Mandiri

Penulis : Caca
22 April 2024
Font +
Font -

Bontang -- Terkenal sebagai kota industri, tak menjadikan Bontang terhindar dari masalah pengangguran.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kota Bontang jumlah pengangguran terbuka untuk tahun 2023 mencapai 7.348 orang.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bontang, Safa Muha menyebut keterbatasan lapangan kerja di Industri Kota Taman itu masih menjadi masalah lahirnya angka pengangguran.

Baca Juga: Mediator Hubungan industrial Suryadi bersama Ketua Satgas P4GN, Babrak Karmal (dok: katakaltim)Pekerja Tak Aman di Kota Taman..? Disnaker Bontang Bakal Gelar Pertemuan dengan BNN dan Perusahaan

"Masalah lainnya, tenaga kerja kita ini juga belum mampu menciptakan lapangan kerja sendiri," kata Safa Muha saat ditemui Katakaltim.com, Senin (22/4/2024).

Disnaker sendiri menyebut, terdapat 8.544 orang yang kini tercatat sebagai pencari kerja terdaftar di 2023. Namun sayangnya pada tahun tersebut, jumlah lowongan kerja yang terdaftar hanya 3.181.

Sementara penempatan tenaga kerja yang terdaftar di Disnaker hanya berada pada angka 2.422 orang.

Lantaran itu, pihaknya terus mendorong agar perusahaan membuka pelatihan dan pemagangan yang berstandar sertifikasi.

"Manfaatnya, kalau dia tidak bisa masuk di dunia kerja, minimal dia mampu menciptakan lapangan kerja untuk dirinya sendiri. Namanya tenaga kerja mandiri," sambungnya.

Diketahui pagi tadi, Senin (22/4/2024), Disnaker bekerjasama dengan Lembanga Pelatihan Kerja (LPK) juga menggelar Pembukaan Pelatihan Berdasarkan Unit Kompetensi.

Agenda tersebut merupakan bagian dari upaya Pemerintah melalui Disnaker dalam menciptakan tenaga kerja mandiri.(*)

Font +
Font -