Lurah Belimbing, Dwi Andriyani (dok: katakaltim)

Kelurahan Belimbing Bontang Launching Posyandu Integrasi Layanan Primer

Penulis : Cca
18 May 2024
Font +
Font -

Bontang -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang menggelar Launching Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) Posyandu Anggrek Kelurahan Belimbing Kecamatan Bontang Barat, Sabtu (18/4).

Wakil Wali Kota Bontang Najirah bersama Ketua Pembina Posyandu Hafidah Basri Rase dalam agenda Launching (ILP) Posyandu Anggrek Kelurahan Belimbing

Wakil Wali Kota Bontang Najirah bersama Ketua Pembina Posyandu Hafidah Basri Rase dalam agenda Launching (ILP) Posyandu Anggrek Kelurahan Belimbing

Agenda dengan tema 'Posyandu ILP, Semakin Dekat Semakin Lengkap' itu dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Bontang, Najirah. Turut hadir juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bontang yang sekaligus adalah Ketua Pembina Posyandu, Hafidah Basri Rase.

Launching ini juga dimeriahkan pihak Dinas Kesehatan Bontang, Puskesmas dan Posyandu Kecamatan Bontang Barat, Camat Bontang Barat Ida Idris, Lurah Belimbing Dwi Andriyani dan kader-kader Posyandu serta Ketua RT 07, 08, 09 10, 11, 12.

Lurah Belimbing, dalam sambutannya menyampaikan agenda ini merupakan inovasi dari aksi perubahan yang disesuaikan pihaknya dengan program yang ada di Kota Bontang.

"Jadi upaya untuk menurunkan angka stunting melalui pengelolaan kembali menejemen di Posyandu," kata Dwi dalam sambutannya.

Dwi Andriyani juga memaparkan, Posyandu awalnya hanya untuk pemeriksaan Balita. Namun dengan adanya layanan terintegrasi tersebut, maka dalam waktu yang bersamaan masyarakat usia produktif maupun usia lansia bisa memekriksakan kesehatannya di Posyandu terintegrasi.

"Terintegrasi dalam artian, ada posyandu Balita, Posbindu, juga Poslansia. Nah kekurangannya apa ketika layanannya tidak terintegrasi? Maka kunjungan masyarakat setiap ada layanan posyandu itu tidak maksimal," ujar Lurah Belimbing.

Dia berharap layanan puskesmas terintegrasi itu bisa mendapakan dukungan dari masyarakat setempat. "ya harapannya setiap ada balita yang diperiksa, orang tuanya juga sekalian cek kesehatan," harapnya.

Ia menerangkan bahwa penyakit tidak menular (PTM) saat ini menjadi penyumbang kematian terbesar, "Dan penyakit ini tidak hanya rawan terjadi pada usia lansia, usia produktif juga bisa kena," papar Dwi

"Makanya kami berharap masyrakat bisa lebih peduli terhadap kesehatannya dengan memeriksakan diri secara rutin," tambahnya mengimbau.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bontang Najirah menyampaikan dirinya sangat mengapresiasi agenda Launching Posyandu Irintegrasi Layanan Prima di Kelurahan Belimbing.

Najirah berharap agenda ini bisa menjadi contoh bagi kelurahan lainnya, "Kita perlu apresiasi ini, karena ini baru satu-satunya dari 15 kelurahan di Bontang, baru Belimbing yang melaksanakan launching ini. Kita berharap kelurahan yang lain juga ," ungkapnya.

"Hal ini tentu bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan, saya mewakili Pemerintah Kota Bontang sangat berterimakasih akan hal ini," tandasnya.

Diketahui Launching ini didukung oleh Bank Kaltimtara, Badak LNG, Pupuk Kaltim, dan Makarti Bhakti Nagari. (*)

Font +
Font -