Kembangkan Teknologi Multi Modal teranyar, LG siap Luncurkan Smart Home dengan Visi 'Zero Labor Home' (Foto : LG News Center)

Kembangkan Teknologi Multi Modal teranyar, LG siap Luncurkan Smart Home 

Penulis : Caca
 | Editor : Agu
3 January 2024
Font +
Font -

KATAKALTIM.COM -- LG Electronics (LG) siap meluncurkan teknologi Smart Home AI Agent terbarunya. Perusahaan asal Korea Selatan ini mengungkapkan bahwa AI Agent-nya adalah asisten robot yang diterapkan dalam smart home LG.

Robot ini telah dilengkapi dengan teknologi multi-modal mutakhir sehingga mampu bergerak, belajar, memahami, dan bercakap dengan pengguna.

LG akan memamerkan teknologinya melalui ajang Consumer Electronics Show 2024 (CES 2024) pada 9 Januari 2024 mendatang di Las Vegas, Amerika Serikat.

'Zero Labor Home' menjadi visi AI Agent dikembangkan oleh LG, hal ini merupakan komitmen perusahaan dari Negeri Ginseng tersebut dalam upaya peningkatan kehidupan sehari-hari manusia.

Dengan desain roda berkaki dua yang canggih, AI Agent LG mampu menjelajahi rumah secara mandiri. Perangkat cerdas ini dapat berinteraksi secara verbal dengan pengguna dan mengekspresikan emosi serta gerakan karena memiliki sendi kaki yang fleksibel.

Baca Juga: Ilustrasi Pernikahan di Korea (ist)Krisis Generasi, Angka Pernikahan di Korea Selatan Terus Merosot

Selain itu, perangkat juga dilengkapi dengan teknologi multi-modal yang menggabungkan pengenalan suara dan gambar serta pemrosesan bahasa alami sehingga dapat memahami konteks, perintah, dan berkomunikasi secara aktif dengan pengguna.

Sebagai pendukung rumah cerdas yang 'bergerak', AI Agent yang futuristik ini terhubung dengan berbagai peralatan berbasis IoT dan mampu mengoperasikannya secara mandiri.

Melalui kolaborasi dengan Qualcomm Technologies, Inc., AI Agent dilengkapi dengan Platform Qualcomm® Robotics RB5 yang menghadirkan berbagai fitur AI canggih seperti pengenalan wajah dan suara pengguna.

AI Agent juga menggunakan kamera, speaker, dan sensor internal untuk mengumpulkan data lingkungan secara real-time, termasuk suhu, kelembapan, dan kualitas udara dalam ruangan. Teknologi AI LG mampu menganalisis data tersebut, mempelajari, dan menggabungkannya dengan informasi eksternal.

AI Agent juga dapat membantu memonitor dan merawat hewan peliharaan saat pengguna berada di luar rumah. Selain itu, AI Agent dapat berfungsi sebagai penjaga keamanan dan dapat memberikan peringatan kepada pengguna apabila ada aktivitas yang mencurigakan di sekitar rumah.

Lebih lanjut, AI Agent LG merupakan robot serba guna dan dapat dikembangkan. AI Agent dapat berpatroli di dalam rumah secara mandiri saat tidak ada orang, berpindah ruangan, dan mengirimkan notifikasi ke ponsel pengguna apabila terdapat jendela yang terbuka ataupun lampu yang masih menyala.

Selain itu, AI Agent dapat membantu menghemat energi dengan mematikan perangkat yang tidak digunakan di seluruh rumah apabila telah dihubungkan ke stopkontak cerdas yang terhubung dengan IoT.

Saat pengguna pulang ke rumah, AI Agent akan menyambut pengguna di pintu depan. AI Agent akan menganalisis suara dan ekspresi wajah pengguna untuk membaca emosi dan memainkan musik ataupun konten lainnya yang sesuai dengan suasana hati pengguna.

AI Agent juga mampu memberikan informasi mengenai transportasi, cuaca, jadwal pribadi, dan mengingatkan pengguna untuk minum obat sehingga membantu keseharian pengguna.

Dengan AI Agent dan fitur active hub di dalamnya, LG ingin pengguna terbebas dari beban pekerjaan rumah tangga serta menjadi yang terdepan di pasar Smart Home.

"Smart Home AI Agent inovatif kami menggabungkan mobilitas otonom mutakhir dan teknologi kecerdasan buatan yang mampu berkomunikasi dan melayani pengguna sehingga pengguna terbebas dari beban pekerjaan rumah tangga," ujar Lyu Jae-cheol, Presiden Direktur LG Electronics Home Appliance & Air Solution Company dalam kanal resminya.

"Sebagai perusahaan solusi kehidupan cerdas, LG akan senantiasa menghadirkan kehidupan yang lebih cerdas dan pengalaman yang lebih menyenangkan di rumah," lanjutnya. (*)

Font +
Font -