Wisata bahari Pulau Miang (foto:ist)

Kenali Keindahan Bawah Laut Pulau Miang di Kaltim, Surga Tersembunyi di Benua Etam..

Penulis : Cca
2 February 2024
Font +
Font -

KATAKALTIM - Pulau Miang, yang terletak di lepas pantai Kalimantan Timur, adalah sebuah daratan kecil yang tersembunyi di pelukan Laut Sulawesi.

Meskipun belum terkenal seperti Derawan atau Kakaban, Pulau Miang memiliki pesona bahari yang memikat dan menunggu untuk ditelusuri.

Pulau Miang merupakan salah satu situs diving dan snorkeling yang populer di Kalimantan Timur. Keberagaman terumbu karang di pulau ini sangat memukau, mulai dari karang yang besar dan kokoh hingga karang yang lebih kecil dan rapuh.

Gugusan terumbu karang yang berwarna-warni membentang luas, menjadi rumah bagi ratusan jenis biota laut yang menakjubkan.

Ikan-ikan eksotis berlenggok-lenggok dengan riang, mulai dari ikan nemo yang yang lincah hingga ikan pari mantayang yang anggun.

Sensasi berenang bersama kawanan ikan barakuda yang gagah patut dinikmati, ditambah lagi dengan kesempatan untuk melihat gurita berbintik yang berkamuflase sempurna.

Di kedalaman tertentu, penyelam bahkan dapat menyaksikan formasi terumbu karang yang menyerupai patung bawah air, menambah keajaiban dunia di bawah laut sekitar Pulau Miang.

Jadi, jika Anda mencari petualangan bawah laut yang menakjubkan, Pulau Miang adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Namun, keindahan Pulau Miang tidak hanya terbatas di bawah laut. Di pulau ini, terdapat juga jejak sejarah dan budaya yang menarik.

Salah satunya adalah sumur minyak peninggalan kolonial Belanda yang berusia sekitar seabad. Sumur minyak ini menjadi saksi bisu industri minyak bumi lokal pada masa lampau.

Selain itu, di pulau ini juga terdapat desa nelayan tradisional dengan rumah panggung di teluk, yang menambah pesona autentik pulau ini.

Tidak hanya itu, Pulau Miang juga menawarkan panorama laut lepas yang memesona melalui Gusung Sappalege, sebuah daratan kecil di tengah laut.

Di sini, pengunjung dapat bersantai di pasir putih yang lembut, sembari menikmati semilir angin laut dan debur ombak yang menenangkan.

Dengan keindahan alamnya yang luar biasa serta jejak sejarah dan budaya yang memukau, Pulau Miang adalah surga yang tersembunyi di Benua Etam.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Pulau Miang di Kalimantan Timur. (*)

Font +
Font -