Ilustrasi teh hijau (dok: pexels)

Manfaat Teh Hijau, Bisa Mempercepat Diet Pasca Lebaran...

Penulis : Cca
15 April 2024
Font +
Font -

Katakaltim -- Ingin mencoba diet menurunkan berat badan setelah Lebaran? Kamu bisa mencoba mulai mengatur pola makan, olahraga dan minum teh hijau. Ini manfaat teh hijau untuk diet.

Riset yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information mengungkapkan untuk membakar lemak, tubuh harus terlebih dahulu memecahnya di dalam sel lemak dan memindahkannya ke dalam aliran darah.

Studi pada hewan menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam teh hijau dapat membantu proses ini dengan meningkatkan efek beberapa hormon pembakar lemak, seperti norepinefrin (noradrenalin).

Antioksidan utama dalam teh hijau, EGCG, dapat membantu menghambat enzim yang memecah hormon norepinefrin. Ketika enzim ini dihambat, jumlah norepinefrin meningkat, sehingga mendorong pemecahan lemak.

Pada akhirnya, sel lemak memecah lebih banyak lemak, yang dilepaskan ke dalam aliran darah untuk digunakan sebagai energi oleh sel-sel seperti sel otot.

Peran Katekin dalam Teh Hijau

Senyawa katekin dalam teh hijau, terutama EGCG (epigallocatechin gallate), terbukti dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak teh hijau dapat meningkatkan pembakaran kalori hingga 80 kalori lebih banyak per hari.

Selain itu, katekin membantu meningkatkan oksidasi lemak, proses penting dalam memecah lemak yang disimpan dalam tubuh.

Detoksifikasi Tubuh

Teh hijau juga membantu dalam detoksifikasi tubuh dengan menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak sel dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penuaan dini dan risiko penyakit tertentu seperti kanker dan penyakit jantung.

Senyawa dalam teh hijau membantu mengurangi stres, seperti terbukti dalam studi yang diterbitkan di European Journal of Nutrition.

Rendah Kalori

Salah satu keuntungan utama teh hijau dalam diet adalah bahwa minuman ini rendah kalori, sehingga dapat menjadi pilihan yang lebih sehat daripada minuman manis atau berkalori tinggi lainnya.

Namun, penting untuk menghindari penambahan pemanis yang berlebihan agar manfaatnya tidak terganggu.

Meskipun teh hijau dapat memberikan kontribusi positif dalam penurunan berat badan dan kesehatan, penting untuk diingat bahwa hasil terbaik akan tercapai dengan kombinasi yang seimbang antara konsumsi teh hijau, pola makan sehat, dan program olahraga yang teratur.

Teh hijau dapat menjadi tambahan yang baik dalam rencana penurunan berat badan, tetapi tidak cukup untuk menggantikan upaya yang komprehensif dan berkelanjutan. (*)

Font +
Font -