Pemain Timnas Jepang. (AP/Thanassis Stavrakis)

Piala Asia 2023 : Banjir Gol, Jepang Benamkan Vietnam

Penulis : Chaliq Pratama
14 January 2024
Font +
Font -

DOHA - Jepang berhasil membenamkan wakil Asia Tenggara, Vietnam dalam laga perdana Group D, Piala Asia 2023.

Bahkan, banjir gol terjadi pada laga tersebut. Sebanyak enam gol tercipta dalam laga Jepang vs Vietnam.

Di luar dugaan, Vietnam memberikan perlawanan yang sengit saat bertemu Jepang. Samurai biru bahkan sempat tertinggal.

Baca Juga: Kuil Shinto, salah satu bangunan dengan arsitektur domestik Jepang (Foto: ist)Kenali Seni dan Arsitektur Jepang, Ada Pengaruh Minimalisme Buddhisme

Meski begitu, kualitas mental pemain Jepang sangat teruji. Hasilnya, mereka berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 4-2.

Baca Juga: Meski Kalah Lawan Irak, Tiga Pemain Indonesia Curi Perhatian Media Asing

Laga Jepang vs Vietnam pada laga Grup D Piala Asia 2023 berlangsung di Al Thumama Stadium, Minggu (14/1/2023). Samurai Biru membuka keunggulan di menit ke-12.

Yukinari Sugawara melepas tembakan usai terjadi kemelut di depan gawang Vietnam. Sepakannya bisa diblok tapi bola liar langsung disambar Takumi Minamino menjadi gol.

The Golden Star merespon dengan baik gol tersebut. Mereka bisa menyetarakan angka empat menit berselang.

Nguyen Dung Bac menanduk bola kiriman sepak pojok. Bola meluncur ke pojok kiri gawang Jepang tanpa bisa dijangkau Zion Suzuki.

Vietnam bisa berbalik memimpin di menit ke-33. Tandukan Bui Hoang Viet Anh menyambut tendangan bebas bisa ditepis Suzuki bola muntah bisa disambar Phạm Tuan Hai menjadi gol.

Tertinggal, Jepang tetap tenang saat menguasai bola. Kesabaran Jepang dalam membangun serangan berbuah gol penyama kedudukan di menit ke-45.

Umpan Wataru Endo menemukan Minamino yang tak terkawal. Minamino melepas sepakan mendatar terukur ke pojok kiri gawang Vietnam.

Jelang jeda, Jepang mengambalikkan keunggulan dari aksi Keito Nakamura. Menusuk dari sisi kiri, ia melepas sepakan melengkung yang tak kuasa dibendung Filip Nguyen di menit ke-45+4.

Skor 3-2 untuk Jepang mengakhiri babak pertama. Selepas jeda, Jepang masih menguasai laga. Namun, serangan mereka tak setajam di babak pertama.

Pasukan Hajime Moriyasu baru bisa menambah keunggulan di menit ke-85. Ayase Ueda melepas tembakan yang mengenai bek Vietnam. Filip Nguyen terkecoh akibat hal ini.

Jepang menutup 90 menit dengan kemenangan 4-2. Hasil ini membawa mereka ke puncak klasemen Grup D dengan tiga poin.

Vietnam di posisi terbawah dengan belum meraih angka. Laga lain di grup ini antara Indonesia vs Irak baru akan digelar besok, Senin (15/1/2024). (*)

Font +
Font -