Calon presiden nomor 1 Anies Baswedan, dan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto saat debat capres ketiga yang digelar KPU (foto: Tangkapan layar/KPU RI)

Prabowo Meradang saat Anies Singgung soal Etika

Penulis : Agu
7 January 2024
Font +
Font -

JAKARTA -- Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan menyoal permasalahan etika dalam konteks menjaga pertahanan dan keamanan kedaulatan negara kepada Capres Prabowo Subianto. Lantas, bagaimana Prabowo merespons persoalan tersebut?

Menurut Prabowo, semakin tinggi kepemimpinan seseorang dalam sebuah organisasi, maka nilai-nilai fundamental menjadi sangat diperlukan dalam mengambil keputusan, dan bukan persoalan teknis semata-mata.

Nilai-nilai tersebut, kata Prabowo, tertuang dalam cinta tanah air, kejujuran. "Ketiga kebersihan, yang bapak bolak balik ngomong," kata Prabowo menjawab pertanyaan Anies, Minggu (7/1/2024).

Baca Juga: Capres Republik Indonesia (foto: ist)Berikut 8 Hasil Survei Terbaru Pilpres 2024: Anies Vs Prabowo Vs Ganjar, Siapa Unggul..?

Prabowo mengatakan bahwa sikap seorang pemimpin itu haruslah jujur, "Jangan sampai lain di mulut lain di hati," lantang Prabowo disambut gemuruh pendukung.

Baca Juga: Calon Presiden nomor urut 1 pada debat ketiga Capres 2024 (Foto: Live Streaming KPU RI)Debat Capres Ketiga, Anies Baswedan Singgung Rumah Dinas Tentara Hingga Tanah 340 Hektar Milik Prabowo

Di sisi lain, Anies menuding bahwa saat ini terjadi praktik koruptif dengan modus perusaan pihak lain dalam proyek-proyek di Kementerian Pertahanan, yaitu proyek pengadaaan alutsista dan food estate.

"Lalu ada kejadian di mana ketika ada pelanggaran etika dan bapak tetap jalan terus dengan cawapres yang langgar etika, artinya ada kompromi standar etika, dan dalam pidato bapak mengolok-olok tentang pentingnya etika yang saya tidak tega mengulangnya," kata Anies.

Meradang

Merespons hal itu, Prabowo mengatakan bahwa apa yang disampaikan Anies adalah keliru. "Saya bersedia duduk kita buka-bukaan, mau bicara food estate, mau bicara PT teknologi Militer Indonesia kita buka, jadi di mana masalahnya."

"Lah Sodara bicara etik-etik saya keberatan, karena saya menilai karena Anda desak saya, Anda tidak pantas bicara soal etik. Saya merasa Anda itu menyesatkan, itu saja," jelas Prabowo.

"Lah Sodara bicara etik-etik saya keberatan, karena saya menilai karena anda desak saya anda tidak pantas bicara soal etik. Saya merasa anda itu menyesatkan itu saja," tambahnya.

"Saya boleh berpendapat kan, saya menilai anda tidak berhak bicara soal etik karena anda memberi contoh tidak baik soal etik," ujar Prabowo. (*)

Font +
Font -