Ilustrasi lemak di perut samping. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Punya Masalah Lemak Perut ? Lakukan Empat Olahraga Ini

Penulis : Chaliq Pratama
22 January 2024
Font +
Font -

KATA SEHAT - Menghilangkan lemak di perut samping memang menjadi tantangan yang sulit bagi kebanyakan orang. Bahkan, orang yang memiliki berat badan ideal masih kerap dihadapkan dengan momok menjengkelkan ini.

Lemak di perut samping, atau yang dikenal juga dengan istilah 'Love handle', terletak di atas pinggang bagian samping. Tak jarang, lemak ini menjadi bagian terakhir yang hilang saat seseorang berusaha menurunkan berat badan.

Meski sulit, lemak di perut samping dapat dihilangkan, salah satu caranya adalah dengan melakukan olahraga. Perlu diingat, olahraga untuk menghilangkan lemak perut samping tetap harus dikombinasikan dengan aktivitas kardio dan pola makan sehat agar bisa memberikan hasil yang optimal.

Baca Juga: Kartu BPJS KesehatanBerikut 21 Daftar Penyakit Tak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lantas, apa saja gerakan olahraga yang dapat membantu menghilangkan lemak perut samping? Berikut olahraga simpel untuk menghilangkan lemak perut samping yang direkomendasikan para pakar diet dan kebugaran.

1. Bicycle Crunches
Pakar ilmu olahraga dari Quincy College di Massachusetts, Wayne L Westcott, PhD, menyarankan bicycle crunches untuk menghilangkan lemak di perut samping. Sesuai namanya, bicycle crunches adalah variasi gerakan crunches yang lebih berfokus untuk mengencangkan bagian perut samping dan pinggang.

Meski demikian, Westcott mengingatkan untuk tetap melakukan olahraga yang melibatkan seluruh tubuh seperti HIIT untuk membantu memangkas lemak.

"Anda belum tentu membakar lemak di area yang Anda targetkan. Kebanyakan studi mengungkapkan olahraga yang menargetkan bagian tubuh spesifik hanyalah mitos belaka. Namun, jika olahraga tersebut dikombinasikan dengan kardio, latihan kekuatan, dan diet sehat, maka memang dapat memengaruhi penurunan berat badan," ujarnya dikutip dari Men's Journal, Kamis (18/1/2023).

2. Mountain Climbers
Mountain climbers merupakan salah satu gerakan olahraga yang diakui banyak pelatih kebugaran ampuh untuk menghilangkan lemak di perut samping. Asisten manajer kebugaran Crunch Fitness, Adaeze Merenini, mengatakan mountain climbers dapat mengencangkan otot perut sehingga membantu mengurangi lemak perut samping.

"Mountain climbers adalah latihan yang bagus untuk mengaktifkan otot oblique dan core lain sehingga mengurangi love handle. Mountain climbers juga bisa membantu membakar lemak sekaligus membentuk oblique dan abs," tuturnya.

3. Russian Twists
Pelatih kebugaran senior dari Total Shape, Tracy Thompson, menyebut russian twist sebagai olahraga yang efektif untuk menghilangkan lemak di perut samping.

"Ini karena ia (russian twists) menyasar otot oblique dan membantu Anda membakar timbunan lemak di perut samping. Gerakan ini juga mudah dilakukan siapa saja, termasuk oleh pemula, dan Anda bisa meningkatkan intensitas dan menambahkan beban untuk membakar lebih banyak kalori," terangnya.

4. Side Plank
Side plank juga dapat membantu menghilangkan lemak perut samping. Instruktur CrossFit, Jocelyn Eakins, menjelaskan saat melakukan gerakan plank, termasuk side plank, penting untuk memastikan siku tetap sejajar dengan bahu. Selain itu, selama melakukan plank dianjurkan untuk mengencangkan otot perut core lain agar hasilnya lebih maksimal. (*)

Font +
Font -