Kantor pusat Hongshi Holding Group, Lanxi, Zhejiang, RRC (Foto: Singamerah)

Sasar Produksi Ramah Lingkungan, Investor Asal Cina Siap Bangun Pabrik Semen Raksasa di Kalimantan Timur

Penulis : Caca
9 January 2024
Font +
Font -

KATAKALTIM.COM - Investor asal China bangun pabrik semen raksasa di Kalimantan Timur. Pabrik semen yang diklaim akan menjadi pabrik yang terbesar di dunia ini menelan dana yang cukup fantastis.

Dimana dana pembangunan infrastruktur penghasil semen ini dibangun dengan dana investasi mencapai 1 miliar USD atau setara dengan Rp15 triliun yang dikucurkan investor asal China, Hongshi Holdings Group.

Sementara itu, pabrik semen yang dibangun investor China tersebut diketahui telah diresmikan pada Desa Selangkau, Kecamatan Kaliorang, Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur pada Agustus 2023 lalu.

Baca Juga: Pendiri Alibaba Group, Jack Ma (Foto: Reuters)Jack Ma Turun Gunung, Restrukturisasi Raksasa Teknologi Cina Miliknya di Ambang Krisis

Hongshi Group juga berkolaborasi dengan PT Kobexindo Cement guna menggarap pabrik di Kutai Timur ini.

Dilansir dari Situs Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur, disebutkan bahwa PT Kobexindo adalah bagian dari Hongshi Holdings Group.

Kucuran dana dari emiten raksasa ini setara Rp15 triliun yang diramalkan bakal membuat pabrik semen ini mampu menghasilkan 8 juta ton per tahunnya.

Kapasitas produksi hariannya juga ditergetkan bisa menghasilkan 10.000 ton per hari.

Bukan itu saja, proses produksinya juga diklaim Hongshi Holdings Group bakal menggunakan teknologi berbasis ramah lingkungan.

Perusahaan ini adalah produsen semen terbesar ketiga di China dan masuk ke dalam 500 perusahaan swasta paling terdepan di negara asalnya.

Total aset emiten global ini mencapai 105 triliun USD yang tercatat telah mengguritakan 60 lebih pabrik semen di beberapa negara di dunia.

Negara yang menjadi target pendirian pabrik produksi spesialisasinya di antaranya China, Indonesia, Laos dan Nepal.

Apabila dijumlahkan seluruh kemampuan kapasitas produksi dari seluruh pabrik semen yang berhasil dibuatnya, maka bisa diketahui bahwa emiten handal ini mampu memproduksi 120 juta ton per tahun.

Perusahaan ini memiliki karakteristik prinsip pembangunan yang cukup unik, lantaran akan menitikberatkan pembangunan industri yang ramah lingkungan.

Disebut ekosfer ramah lingkungan, emiten ini menyatakan bahwa pihaknya mampu membuang limbah padat, membakar limbah dengan insenerator agar terkontrol dan efisien.

Setelah itu, limbah didaur ulang agar kualitas tanah kembali direstorasi kembali seperti semula.

Diharapkan, dengan adanya proses pembangunan pabrik ini akan ada sekitar 13.000 tenaga kerja yang bakal terserap dalam segala proses pekerjaannya.

Dengan adanya pabrik ini, tentu biaya distribusi produk akan lebih efisien terutama apabila memasok kebutuhan semen dalam pembangunan infrastruktur di IKN Penajam Paser Utara Kalimantan Timur.

Sebelum pabrik semen raksasa ini diresmikan oleh Hongshi Holdings Group, pihaknya juga telah meresmikan pabrik semen di Jember Jawa Timur dengan kapasitas mencapai 3 juta ton per tahun. (*)

Font +
Font -