Sekda Kaltim, Sri Wahyuni (dok: ading)

Sekda Sri Terima Kunjungan BPSDM Kominfo RI, Tekankan Pentingnya Digital Skill

Penulis : Admin
26 March 2024
Font +
Font -

Samarinda - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Sri Wahyuni menerima kunjungan jajaran Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Senin (25/3) di ruang rapat Sekda, Kantor Gubernur Kaltim.

Diketahui, saat ini BPSDM Kominfo sangat aktif dan berfokus dalam pengembangan SDM di Tanah air agar dapat cakap berdigital. Lantaran itu Sri menyambut baik kunjungan sekaligus diskusi santai tentang urgensi digital skill bagi Bumi Etam.

“Apalagi Kalimantan Timur, yang kita tahu bukan hanya salah satu penyangga namun mitra IKN Nusantara. Sehingga, kita inginkan Kaltim juga dapat melaksanakan percepatan pembangunan terutama SDM agar nantinya ketika mewujudkan Smart Province masyarakat juga sudah menjadi Smart People,” ujar Sri.

Baca Juga: Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang (dok: katakaltim)Kritik Janji Pemerintah, Wabup Kutim: Kita Dibohongi, Dijadikan Kelinci Percobaan

Keahlian digital, kata dia, penting dimiliki seluruh masyarakat, mengingat semakin pesatnya perkembangan era digital saat ini. BPSDM Kominfo RI selama kurang lebih empat tahun terakhir terus konsisten dan telah memberikan peluang bagi SDM negeri agar mampu meningkatkan skill dalam menyambut era 4.0.

Adapun kunjungan siang tersebut sekaligus dirangkai dengan sesi diskusi menyangkut tema-tema yang dapat dikolaborasikan dengan pemprov Kaltim baik untuk ASN maupun masyarakat umum.

“Ada beberapa tema yang menarik dan selaras dengan gambaran kebutuhan skill di Kaltim. Kita sepakat bahwa kemampuan berdigital memang menjadi kebutuhan kita saat ini,” sambungnya.

Sekda juga turut menyampaikan ketertarikannya akan rencana pembangunan Fasilitasi Edukasi dan Inovasi kerjasama antara Kemenkominfo dengan KOICA-Korea Selatan di Kalimantan Timur.

Senada dengan itu, Kepala BPSDM Kominfo RI Hary Budiarto yang hadir langsung meminpin rombongan pun membagikan konsep tentang urgensi dan masa depan era digital.

“Kaltim tentunya memiliki peluang besar untuk menciptakan SDM bertalenta digital dan ruang-ruang industri serta pelayanan berbasis digital pula,” ujar Hary.

Berbagai program andalan BPSDM Kominfo diantaranya Digital Entrepreneurship Academy, Thematic Academy, Fresh Graduate Academy, Talent Scouting Academy, Vocational School Graduate Academy, Government Transformation Academy, dan Professional Academy serta Digital Leadership Academy yang dirancang terutama bagi para pemimpin di sektor publik.

Hadir membersamai dalam kegiatan ini Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal, Kepala BPSDM Kaltim Nina Dewi, beserta seluruh rombongan tim BPSDM Kominfo RI. (*)

Font +
Font -