Raja rock and roll tersohor di dunia bangkit kembali dari kematian akibat AI, Elvis Presley (Foto: ig/elvis)

Teknologi AI Bangkitkan Tokoh Dunia, Mulai Elvis Presley Hingga Presiden Republik Indonesia

Penulis : Caca
15 January 2024
Font +
Font -

KATAKALTIM.COM - Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) tengah jadi tren saat ini dan mulai banyak hadir dalam aplikasi kehidupan sehari-hari kita. Kebanyakan membantu, tapi tak sedikit juga yang bikin heran dan bikin bergidik merinding.

Misalnya, sekaran AI banyak digunakan untuk "membangkitkan" kembali seseorang yang sudah mati. Di Indonesia, beberapa hari lalu, AI bikin geger lantaran membangkitkan Presiden RI ke-2, Soeharto yang tiba-tiba berpidato untuk mengajak masyarakat mengikuti pemilu.

Kini, AI juga menggemparkan dunia musik dengan rencana membangkitkan kembali Elvis Presley. Raja rock and roll tersebut dijadwalkan untuk kembali ke panggung sebagai hologram AI seukuran aslinya untuk pertunjukan imersif di London pada bulan November tahun ini, diikuti oleh kota-kota besar lainnya di seluruh dunia, menurut Variety.

Baca Juga: Regional Vice President of Cloudera, Sherlie Karnidta (Foto: Liputan6)Perkuat Bisnis Teknologi AI di Indonesia, Cloudera Tunjuk Sherlie Karnidta sebagai Regional Vice President

"Pengalaman konser yang imersif", yang dipimpin oleh perusahaan hiburan imersif berbasis teknologi Layered Reality, akan memungkinkan para penggemar untuk merasakan beberapa lagu hits sang legenda dalam konser beberapa dekade setelah kematiannya.

“Pertunjukan ini memuncak dengan pengalaman konser yang akan menciptakan kembali dampak seismik dari menyaksikan Elvis secara langsung untuk seluruh generasi penggemar baru, mengaburkan batas antara kenyataan dan fantasi,” demikian bunyi situs web acara tersebut.

Menurut situs tersebut, teknologi di balik pengalaman "Elvis Evolution" akan menggabungkan teknologi, augmented reality, teater, proyeksi, dan efek multi-sensor untuk meniru konser di masa lalu, membuat penggemar sedekat mungkin dengan king of rock and roll tersebut.

“Penggemar Elvis dapat menantikan pengalaman yang menciptakan kenangan yang tiada duanya. Melalui AI dan teknologi inovatif, Anda akan dapat menyaksikan penampilan ikonik Elvis seolah-olah Anda benar-benar ada di sana, dan merayakan momen-momen penting dalam kehidupan dan karier Elvis Presley yang luar biasa," lanjut laman tersebut.

Setelah pertunjukan, penggemarnya dari seluruh dunia juga dapat mengikuti rangkaian acara lainnya. Misalnya, mereka dapat menginap di lokasi pesta setelahnya di bar bertema Elvis dengan pertunjukan live. (*)

Font +
Font -