serai. (Foto: Thinkstock)

Turunkan Kolesterol Hingga Redakan Kembung, Ini Tujuh Manfaat Rebusan Serai

Penulis : Chaliq Pratama
7 January 2024
Font +
Font -

KATA SEHAT - Manfaat meminum air rebusan serai bukan mitos. Serai bisa membantu melawan radikal bebas, sampai mengurangi risiko peradangan pada tubuh lantaran mengandung asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin.

Ketiga kandungan tersebut dikenal sebagai pelawan peradangan. Kondisi peradangan di tubuh bisa menjadi faktor pemicu banyak masalah kesehatan serius, termasuk penyakit jantung.

Karenanya, tak ada salahnya untuk mulai rutin mengonsumsi air rebusan serai atau teh serai.

Baca Juga: Cek Kesehatan !!! Ini Enam Ciri Kanker Pankreas yang Sulit Dikenali

Berikut 7 manfaat tak terduga meminum air rebusan serai setiap hari, dikutip dari Medical News Today:

Baca Juga: Kolesterol tinggiIni 10 Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi, Waspada..!! Nomor 9 Sering Ada di Rumahmu

1. Mengusir 'anxiety' atau rasa cemas

Banyak orang menganggap secangkir teh panas cukup membuat pikiran lebih tenang, tetapi faktanya air rebusan serai menawarkan khasiat lebih efektif untuk mengurangi kecemasan.

Berdasarkan riset di Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering, ada keterkaitan antara mencium aroma serai dengan kondisi kecemasan seseorang. Meski begitu, masih butuh banyak bukti untuk bisa memastikan khasiatnya.

2. Menurunkan kolesterol

Menurut artikel di Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, mengonsumsi ekstrak serai tampaknya dapat menurunkan kolesterol, berdasarkan uji pada hewan.

Studi ini mencatat bahwa reaksinya bergantung pada dosis. Artinya, serai dalam jumlah lebih banyak dapat menurunkan kolesterol lebih lanjut.

3. Mencegah infeksi

Hasil penelitian menunjukkan serai mungkin memiliki beberapa kemampuan mencegah infeksi.

Misalnya, ramuan ini tampaknya mengurangi timbulnya sariawan, infeksi jamur yang umumnya menyerang orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti pengidap HIV.

4. Meningkatkan kesehatan mulut

Di banyak negara yang memiliki tanaman asli serai, orang-orang akan mengambil batang serai dan mengunyahnya sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan gigi dan menjaga mulut tetap bersih.

Jurnal Food Chemistry menerbitkan penelitian yang mengkonfirmasi temuan ini. Para penulis mengamati 12 tumbuhan dan menemukan bahwa ekstrak herbal serai adalah salah satu penghambat pertumbuhan bakteri paling ampuh dalam sampel laboratorium. Mereka menggunakan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang, termasuk Streptococcus sanguinis.

5. Menghilangkan rasa sakit

Menurut sebuah penelitian, serai mungkin dapat menghilangkan rasa sakit. Meminum air rebusan serai berpotensi membantu mencegah seseorang merasakan sakit.

6. Meningkatkan kadar sel darah merah

Hasil penelitian tahun 2015 menunjukkan bahwa meminum air rebusan serai setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin, volume sel, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Para peneliti melakukan tes darah dari 105 subjek manusia pada awal penelitian, dan kemudian pada hari ke 10 dan 30 setelah penelitian. Mereka menyimpulkan bahwa minum air rebusan serai meningkatkan pembentukan sel darah merah.

Meskipun mereka tidak mengidentifikasi secara pasti bagaimana serai berkaitan dengan hal ini, ahli berpendapat bahwa sifat antioksidan dari serai mungkin berperan.

7. Meredakan kembung

Minum teh serai dapat memberikan efek diuretik, artinya merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine lebih banyak dari biasanya.

Menurut penelitian skala kecil di Journal of Renal Nutrition, minum air rebusan serai meningkatkan keluarnya urine lebih banyak dibandingkan minuman lainnya.

Efek diuretik pada tubuh ini dapat bermanfaat jika retensi air menyebabkan kembung. Ini adalah gejala umum dari sindrom pramenstruasi (PMS). (*)

Font +
Font -