Pemeriksaan hewan peliharaan (aset: katakaltim)

Puskeswan Bontang Siapkan 2.000 Dosis Vaksin Hewan, Upaya Pencegahan Rabies di Kota Taman

Penulis : Caca
29 September 2024
Font +
Font -

BONTANG - 2.000 dosis vaksin hewan disiapkan Puskeswan Bontang bekerja sama Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3), upaya mengantisipasi penyakit rabies di Kota Taman.

Kepala Puskeswan Bontang, Drh Riyono menjelaskan, vaksinasi ini penting untuk mencegah penyakit rabies pada hewan dan mengurangi resiko penularan penyakit zoonosis.

"Kami telah siapkan 2.000 dosis, tapi yang direalisasikan 1.500 dosis untuk menyasar hewan peliharaan. Untuk kucing 230 ekor sudah di vaksin," katanya, Minggu (29/9).

Ia menyebut, vaksinasi diperuntukkan bagi hewan pembawa rabies (HPR) seperti kucing, anjing, kera, musang, dan binatang lainnya.


Riyono mengatakan, saat ini belum terdapat laporan kasus rabies di Bontang. Namun, menurutnya setiap daerah memiliki kerawanan kasus gigitan hewan penular rabies.

"Kita lakukan vaksinasi untuk mengantisipasi penyebaran rabies, meskipun angka kasus rabies belum ada," ucapnya.

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat agar membawa hewan peliharaannya  melakukan vaksinasi di Taman Adipura Kota Bontang, mulai besok Senin (30/9) hingga Kamis (3/10).

"Targetnya 250 ekor, dosis yang kami siapkan 500, jadi masyarakat harap bisa membawa hewan peliharaannya untuk di vaksin mulai besok," pungkasnya. (*)

Font +
Font -