DPK Bontang kunjungi pesisir galakkan program Layar Puspita (aset: katakaltim)

Galakkan Program Layar Puspita, DPK Bontang Ingin Agar Literasi Merata

Penulis : Agu
17 July 2024
Font +
Font -

Bontang — Pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Bontang kunjungi pesisir mengajarkan dan memperlihatkan semangat literasi, pada Rabu 17 Juni 2024.

Kepala DPK Bontang Retno Febriaryanti mengatakan program ini dijalankan secara rutin ke daerah pesisir, seperti Malahing, Gusung, Tihi-tihi, dan Selangan.

Baca Juga: Ilustrasi Tempat Hiburan Malam (ist)THM Bontang Ditutup, Pemkot : Masyarakat Jaga Kondisifitas Ramadhan

Melalui program ini, DKP berupaya memberikan akses literasi bagi masyarakat di wilayah pesisir, terutama bagi mereka yang sulit mengakses perpustakaan daerah (Perpusda).

Baca Juga: Siswa-siswi SMK Nusantara Mandiri lakukan kunjungan ke kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (DPK) Kota Bontang (Aset: katakaltim)Terima Kunjungan SMK Nusantara Mandiri, DPK Bontang Harap Perpustakaan Jadi Pusat Literasi


Karena bagi Retno, perlakuan yang sama dengan warga di perkotaan harus dilakukan. Untuk itu program ini juga dapat menjaga budaya baca anak-anak.

“Layar Puspita ini sudah 5 tahunan. Jadi kami memang melihat permasalahan di kita kan banyak laut. Mereka kan punya hak yang sama mendapatkan layanan perpustakaan, makanya kami datangi mereka,” ucapnya saat ditemui katakaltim.

Lebih lanjut dia mengatakan Layar Puspita ini ibarat salah satu program DPK juga yaitu Perpustakaan Keliling (Pusling). “Ibaratnya kalau di darat itu Pusling,” tukasnya.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan Indra Nopika Wijaya mengatakan bahwa agenda rutin itu dilakukan dengan berbagai item. Salah satunya adalah mewarnai.

“Juga ada membaca. Setelah membaca nantinya mereka akan diberikan kesempatan untuk bercerita. Biasanya kita di sana 3 jam. Khusus SD. Yang hadir yaa puluhan. Biasanya kita sudah hubungi dulu agar disiapkan,” jelasnya. (*)

Font +
Font -