Sekretaris Jendral PDIP, Hasto Krisyanto (Foto: ist)

Ganjar Sebut Peluang Kolaborasi Dengan AMIN, Sekjen PDIP : Tentu Saja Kami Welcome

Penulis : Caca
13 January 2024
Font +
Font -

KATAKALTIM.COM - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto merespons soal peluang bergabungnya kubu 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dengan kubu 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Dia menyebut, sangat terbuka jika pilpres terjadi dua putaran.

Terlebih, kata Hasto, Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan capres nomor urut 1 Anies Baswedan terekam bersalaman saat debat capres pada Minggu (7/1/2024) di Istora Senayan, Jakarta.

"Ya tentu saja kami sangat welcome," kata Hasto saat ditemui di Kawasan Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2024) kemarin.

Baca Juga: Mantan Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj bersama AMIN hadiri Haul KH Bisri Syansuri di Jombang (Foto: detik)AMIN Hadiri Haul KH Bisri Syansuri ke-45, Mantan Ketum PBNU Sebut 100 Persen Beri Dukungan

Tak hanya itu, dia menilai apa yang dilakukan Puan dengan Anies sangat berbanding terbalik dengan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto yang memilih tak bersalaman dengan Anies.

Baca Juga: Pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming (Foto: ig/ prabowo)Pernyataan 'Goblok' Prabowo Direspon Ketua Bawaslu RI, Begini Katanya....

"Apa yang disampaikan Mbak Puan dengan salaman dengan Pak Anies ini menunjukkan hal yang kontradiktif dengan Pak Prabowo yang tidak mau salaman dengan Pak Anies," ujar dia.

"Bahkan bagi Pak Prabowo debat belum selesai, karena kemudian dia mengatakan goblok tolol, itu yang seharusnya tidak boleh disampaikan oleh pemimpin. Pemimpin itu harus mengeluarkan kata kata yang membangun harapan," tegas dia.

"Kata-kata yang menggelorakan suatu semangat juang bukan kata-kata makian seperti yang disampaikan Pak Prabowo," imbuhnya.

Ganjar Terbuka

Sebelumnya, calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyebut sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan kubu 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

"Ya semua kemungkinan dapat terjadi," kata Ganjar saat di Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (9/1/2024).

Ketua DPP PDIP Puan Maharani, merespon soal kemungkinan kubu nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan kubu 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan bergabung jika pilpres terjadi dua putaran.

Puan hanya mengatakan, pihaknya tak menutup kemungkinan namun melihat bagaimana dinamika politik kedepannya.

"Insyallah (berkolaborasi antara kubu 1 dan kubu 3). Kita lihat saja gimana nanti kedepan ini," kata Puan, saat diwawancarai di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) lalu.

Lebih lanjut, dia menyebut yang terpenting pemilu 2024 berjalan dengan jujur dan adil. Sebab, pesta demokrasi untuk rakyat Indonesia.

"Yang penting semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar semuanya bisa berjalan dengan jujur dan adil dan ini pesta demokrasi untuk rakyat Indonesia," imbuh Puan.

Anies Juga Buka Peluang

Tak hanya Puan, Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan juga mengaku terbuka peluang bersatu dengan kubu Ganjar-Mahfud jika pilpres masuk putaran kedua.

Dia mengatakan, semua peluang selalu terjadi ke depannya. "Ya pokoknya semua peluang selalu ada," kata Anies kepada awak media, di Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Font +
Font -